Senin, 06 Juli 2009

Mengelola Income

Jangan mempermasalahkan berapa penghasilan/income yang kita peroleh setiap bulannya. Yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar pengeluaran kita setiap bulannya karena berapapun besarnya pendapatan kita tidak akan ada artinya jika pengeluaran kita melebihi dari pendapatan.

Perlu sikap bijaksana dan disiplin jika kita ingin membuat pengeluaran kita tidak melebihi pendapatan yang kita peroleh.Diperlukan perjuangan dan kemauan yang keras kalau kita ingin merubah situasi keuangan kita dari keadaan tidak menentu menjadi keadaan yang positif.Selalau ada pengorbanan untuk meraih hasil yang kita inginkan.

Jim Rohn seorang filosofer dunia memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mengatur uang dengan bijaksana. Kunci utama mengatur uang adalah dengan membuet rekening bank secara terpisah (Separate Bank account). Kita membagi income dan menyimpannya ke dalam rekening yang berbeda untuk keperluan yang berbeda.

Rekening tersebut dibagi menjadi 6 yaitu:
1. Rekening Untuk Kebebasan Finansial
Besarnya adalah 10% dari net income
Fungsinya rekening ini adalah untuk persiapan kita memulai bisnis atau investasi yang menghasilkan PASSIVE INCOME. Rekening ini diuasahakan jangan diganggu sampai jumlahnya mencukupi untuk modal bisnis atau investasi. Meskipun sedikit tapi lama-lama akan menjadi bukit dan akhirnya kita pun bisa memulai bisnis atau investasi yang kita inginkan.
Contoh : Net Income = Rp 2000.000
10% untuk rekening ini = Rp 200.000

2. Rekening untuk pengeluaran di Masa Mendatang
Besarnya 10% dari net income
Rekening ini berfungsi untuk pengeluaran besar yang akan datang misalnya untuk biaya sekolah anak di perguruan tinggi

3. Rekening Pendidikan
10% dari net income disisihkan di rekening ini
Fungsinya untuk membiayai personal education atau pendidikan pribadi misalnya untuk mengikuti les atau kursus sebagai pengembangan kemampuan diri yang mendukung bisnis kita.

4. Rekening Keperluan Bulanan
55% dari net income dialokasikan untuk keperluan ini
Anda sendiri lebih mengetahui keperluan bulanan yang harus anda dan keluarga keluarkan misalnya untuk pengeluaran belanja bulanan, pembayaran uang sewa, dll.

5. Rekening Hiburan
Betapapun beratnya beban, kita jangan lupakan untuk menmberikan sedikit peregangan untuk tubuh kita terutama otak yang selalu kita peras untuk berfikir keras.
You deserve to play after all the hard work !
10% dari net income bisa kita simpan di rekening ini
HIburan tidak berarti kita harus pergi tamasya tapi bisa juga dalam bentuk pembelian untuk keperluan hobi.

6. Rekening Amal Ibadah
Jangan lupakan yang satu ini. Bisa digunakan untuk berzakat (profesi), membeli hadiah, memberikan sumbangan, dll.
5% dari jumlah net income harus dialokasikan untuk keperuan ini.

Besarnya dana dari masing-masing Rekening yang diuraikan di atas bisa anda modifikasi sendiri sesuai dengan keadaan finansial dan keperluan anda karena hanya anda sendiri yang lebih tahu kondisi anda.

Haruskah kita membuka 6 rekening sekaligus di Bank untuk menjalankan semua itu? Jika tidak memberatkan hal itu memang akan lebih baik tapi jika tidak memungkinkan Jim Rohn menyarankan untuk menggunakan THE JAR SYSTEM yaitu menggunakan toples sebagai celengan yang kita beri label atau tanda sesuai keperluan.

Semua itu hanya akan berjalan dengan baik jika kita memiliki sikap DISIPLIN!!! Jika ada uang receh yang tergeletak dan tercecer begitu saja di meja, lebih baik kita masukkan ke dalam toples sesuai dengan keperluan.

Kalau perlu mengubah gaya hidup kita, rubahlah.it's ok! demi masa depan.
Kalau hanya ada Rp 10.000 di pos hiburan,terimalah. Kita bisa membeli sesuatu untuk kita nikmati di rumah yang penting kita bisa relax sejenak.

Jangan lupa DISIPLIN !!!
Selamat mencoba

1 komentar:

  1. Halo, saya Ibu Heather Putih, sebuah perusahaan pinjaman pinjaman pribadi. Kami sedang dan mengkhususkan diri dalam memberikan sebuah akhir pinjaman tahun, pinjaman Natal, pinjaman tahun baru bagi Anda untuk membayar setiap pinjaman koperasi yang Anda sedang sekarang kita memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan Anda memiliki bisnis. pinjaman yang diberikan kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (qualityloanfirms@asia.com)
    (heatherwhiteloanltd@gmail.com). Datang dan pengalaman perbedaan dalam layanan kami.

    BalasHapus