Kamis, 09 Juli 2009

Besar Pasak daripada Tiang

Apakah anda merasa gaji sebulan hanya numpang lewat? atau uang di dompet anda habis tapi anda tidak ingat untuk apa uang itu dibelanjakan. Seringkali kita menyalahkan semua itu terjadi karena gaji kita terlalu kecil sehingga tidak bisa mengimbangi segala kebutuhan. Apakah benar semata-mata karena gji kita yang kecil? kenapa tidak dibalik saja, kebutuhan kita saja yang diatur sehingga bisa mengimbangi besarnya pendapatan kita.

Karena berapapun gaji kita tidak akan pernah cukup jika gaya hidup kita tidak terkontrol dan tidak direncana dengan baik. Faktanya setiap kali pendapatan kita bertambah misalnya kenaikan gaji maka akan bertambah pula dorongan untuk belanja lebih banyak lagi.

Mengapa antara penghasilan dan pengeluaran sepertinya berlomba-lomba siapa yang lebih besar? bagaimana supaya berapapun penghasilan yang kita peroleh bisa mencukupi kebutuhan?

Sebaiknya kita mengenali apa saja penyebab sehingga terjadinya besar pasak daripada tiang alias pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Umumnya penyebab itu adalah :

1. Kenaikan harga barang dan jasa
2. Menganut gaya hidup di luar kemampuan finansial
3. Terlalu banyak mengambil barang kreditan
4. Pengeluaran tidak terduga

Tips ampuh agar penghasilan kita mencukupi
1. Mulailah berinvestasi misalnya membiasakan menabung di awal sebelum membayar keperluan rutin lainnya minimal 10% dari gaji
2. Biasakan membuat anggaran belanja bulanan agar pengeluaran kita lebih terkendali danterencana. Kuncinya adalah disiplin menjalankan anggaran sesuai rencan yang telah disusun.
3. Batasi cicilan hutang bulanan. Sebaiknya cicilan hutang jangan melebihi 30% dari penghasilan.
4. Miliki dana cadangan. Sangat berguna terutama untuk mengatasi pengeluaran yang tidak terduga sehingga tidak mengganggu anggaran belanja bulanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar