Selasa, 07 Juli 2009

Menabung itu Mudah

Keinginan untuk menabung seringkali dikalahkan oleh berbagai keinginan ataupun keperluan misalnya anak ingin dibelikan tas baru ataupun anda sendiri yang membutuhkan suatu barang untuk dibeli sehingga menabung hanya tinggal angan-angan karena budget telah habis untuk keperluan belanja.
Setiap akhir bulan kita tidak bisa menabung karena uang bulanan kita habis untuk membayar segala keperluan rutin.

Semua itu terjadi karena kebiasaan kita menunggu akhir bulan untuk menabung dengan harapan ada sisa uang dari pengeluaran rutin sehingga saat uang sisa itu tidak ada maka menabung pun tidak dapat terealisasi. Jadi harus bagaimana supaya bisa menabung?

Terapinya kali ini adalah ubah kebiasaan dari menunggu sisa uang di akhir bulan untuk ditabung menjadi memasukkan menabung ke dalam rencana pengeluaran rutin sehingga kita pasti akan bisa menabung di awal bulan setidaknya satu bulan satu kali,berapapun itu.

Setiap bulan kita selalu mengalokasikan sejumlah uang untuk membayar berbagai keperluan rutin seperti bayar listrik, air, dll. Nah sekarang marilah tambahkan menabung sebagai pengeluaran rutin setiap bulan, memang hal itu akan mengurangi jatah untuk belanja tapi ingat semuanya memerlukan pengorbanan demi masa depan yang positif. Jangan mempermasalahkan jumlah uang yang dapat kita tabungkan, jangan pedulikan besar atau kecil yang penting lakukan dengan RUTIN !!!
Ingat pepatah "menabung pangkal kaya", "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit"

Jika masih kesulitan menabung di awal bulan karena pendapatan yang dianggap sangat minim maka anda bisa melakukan:
1. Meningkatkan pendapatan
2. Menekan pengeluaran
3. Melakukan keduanya

Selamat menabung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar